Kamis, 09 Maret 2023

Tadarus Surah al-Kahfi ayat 7

Allah Subhanahu wata'ala berfirman:


إِنَّا جَعَلۡنَا مَا عَلَى ٱلۡأَرۡضِ زِينَةً لَّهَا 


*Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, ....*


Dalam penggalan ayat ini, Allah Subhanahu wata'ala menjelaskan bahwa segala apa yang ada di bumi ini diciptakan sebagai perhiasan bagi bumi, baik yang berupa binatang, tumbuh-tumbuhan dari berbagai jenis, yang di lautan maupun di daratan, juga barang-barang tambang yang beraneka ragam, dan lain sebagainya.


Jika manusia mau menggunakan akal pikirannya, maka semuanya akan memberikan isyarat akan adanya Sang Pencipta.


Kemudian jika manusia mau menaati perintah Sang Pencipta dan menjauhi larangan-Nya, dan menggunakan segala benda-benda perhiasan dunia itu untuk mengabdikan diri kepada-Nya dan untuk kemaslahatan manusia, maka Allah akan memberi mereka pahala yang sangat besar.


Akan tetapi bilamana untuk mendurhakai Allah dan membuat kerusakan, maka Allah akan menimpakan kepada mereka azab yang besar pula.

Allah Subhanahu wata'ala berfirman:

 لِنَبۡلُوَهُمۡ أَيُّهُمۡ أَحۡسَنُ عَمَلًا

*..., untuk Kami menguji mereka, siapakah di antaranya yang terbaik perbuatannya.*

Penggalan ayat ini menjelaskan bahwa segala perhiasan bumi ini diciptakan oleh Allah untuk menguji manusia apakah mereka mau beriman kepada-Nya atau tidak.

Juga untuk menguji siapakah di antara mereka yang paling baik amal perbuatannya.

Sejarah umat manusia telah membuktikan bahwa mereka selalu berlomba-lomba memperebutkan benda-benda perhiasan bumi itu karena merupakan benda-benda ekonomi sumber penghidupan manusia. Karena benda-benda itu pula manusia bisa saling berbunuh-bunuhan satu sama lain yang akhirnya menimbulkan kehancuran.

Hal itu tidak akan terjadi jika manusia menyadari bahwa benda-benda perhiasan bumi itu merupakan anugerah Allah untuk dimanfaatkan bagi kemanusiaan dan pengabdian kepada Allah Subhanahu wata'ala.

Rasulullah pernah bersabda:

*"Sesungguhnya dunia ini manis dan hijau. Allah menunjuk kalian sebagai penguasa di atasnya lalu Dia melihat apa yang kamu kerjakan."*

Wallahua'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Hukum Sekolah Umum atau Pabrik Mendirikan Sholat Jum'at

Deskripsi Masalah : Seringkali kita temui dalam masyarakat umum sekolah - sekoalah umum atau pabrik-pabrik mendirikan shalat jum'at send...